1/30/2009

Pasangan Hidup ..

Sebuah percakapan di YM dengan seorang temanku …

J : hi F.. kamu kan laki-laki, menurut kamu, wanita yang ideal untuk menjadi pasangan kamu itu seperti apa ?
F : uhm.. tergantung, pasangan dengan tujuan apa ? ada orang yang mencari pasangan hanya sekedar untuk berpacaran dan have fun, ada yang mencari pasangan karena ada sesuatu yang dia inginkan dari pasangannya, ada juga yang mencari pasangan sekedar untuk mempertunjukkan nafsunya, dan lainnya lagi.
J : yeah, kamu tahu saya udah pernah punya suami, jadi pertanyaan saya pasangan hidup.
F : uhm… kalo itu yang ditanyain, menurut saya pribadi, kunci dari sebuah hubungan jika memang mempunyai tujuan yang jelas adalah, kepercayaan, kejujuran dan keterbukaan, dari situ muncul saling menghargai perasaan dan menghormati.
J : terus bagaimana kalau seandainya dari pasangan tersebut, salah satu sudah seperti yang kamu bilang, tapi yang satunya lagi mengkhianati, dalam artian dia tidak jujur, tidak terbuka dan tidak bisa dipercaya ?
F : well, … F cuman bisa bilang, berarti salah satu pasangannya itu belum menemukan pasangan sejatinya, bila pengkhianatan itu sudah terjadi, berarti mungkin tidak ada kesepahaman tentang tujuan, atau, memang berbeda tujuannya. F yakin bila keduanya mempunyai tujuan yang sama, maka kejujuran, kepercayaan dan keterbukaan itu akan ada pada pasangan tersebut :]
J : :[ saya sudah berusaha seperti itu F, tapi kenapa saya selalu menemukan seseorang yang tidak punya apa yang kamu bilang itu, akhirnya selalu gagal dan gagal, lalu sakit hati. Apa memang ada orang yang seperti kamu bilang itu F ?
F : uhm… kalau gagal, bukan berarti tidak ada orang yang seperti F bilang tadi bu, tapi yang lebih tepat, J belum nemuin orangnya. Orang yang punya kejujuran, kepercayaan dan keterbukaan itu selalu akan ada, dan saat orang itu menemukan orang yang sama, maka tercapai tujuan itu dengan baik. Mana ada orang yang mau dibohongi, dikhianati, tentu saja tidak ada yang mau.
J : yah F, mungkin karena saya selama ini hanya menemukan orang yang tidak punya tujuan yang sama dengan saya, sampai saya merasa sepertinya semua laki-laki itu sama aja.
F : mana bisa begitu bu :], tidak ada orang yang sama, selalu ada kekurangan dan kelebihan dari setiap orang.
J : kamu pasti udah nemuin orang yang punya tujuan yang sama dengan kamu F :], kalo ga, ga mungkin kamu bisa bilang begitu kan hehehe
F : uhm ..sudah .. F udah nemuin J :]
J : kalo misalnya kamu udah punya yang setujuan dalam hidup kamu, tapi kemudian dibelakang hari orang itu berubah, misalkan tidak lagi terbuka, sulit untuk bisa kamu percaya dan tidak jujur, apa kamu masih mau pertahankan F ?
F : kalau kamu udah nemuin seseorang yang terbaik buat diri kamu, seharusnya dimata kamu dia akan menjadi sempurna sekalipun banyak kekurangannya, dan tujuan dari berpasang-pasangan itu tentunya untuk saling memperbaiki, sehingga pada akhirnya kekurangan kita akan ditutupi oleh kelebihan pasangan kita, intinya pasangan itu akan saling masuk ke dalam pembelajaran, bahwa perbedaan yang ada itu seharusnya menjadi saling menguatkan, bukan untuk menghancurkan.
J : bagaimana bisa ? yang ada saya malah sakit hati kalau tahu pasangan saya berbohong, dan menutup nutupi sesuatu dari saya F, apa saya harus terus bersabar nerimanya ? sabar ada batasnya .. !
F : :] seharusnya sih sabar ga ada batasnya, justru harus menjadi semakin sabar. Untuk yang terbaik dalam hidup menurut kamu, kamu pasti akan mengusahakan yang terbaik juga, kamu akan perjuangkan dengan sepenuh hati…
Ga ada ceritanya hubungan itu akan selalu mulus, pasti ada rintangannya, nah … kalau mau ngerasain yang manis, ya harus mau juga ngerasain pahit. Kalau sudah bisa nerima itu dan kemudian belajar dari yang pahitnya, maka semuanya akan menjadi manis, kalau bisa menyadari bahwa diri ini salah, ya perbaiki, yang sudah baik ya pertahankan lah .. :]
J : kamu masih berjalan dengan yang terbaik kamu itu F ? :]
F : uhm … terkadang kita harus melepaskan sesuatu sekalipun itu yang terbaik yang kita rasakan dan kita inginkan, karena mungkin dengan melepaskannya, yang terbaik itu bisa lebih merasakan bahagia. Ya tapi setidaknya F udah berjuang, udah coba perbaiki dan pertahankan, tapi bila perbedaan itu sudah pada tujuannya, maka biarkan dia bahagia dengan jalan dan pilihan hidupnya sendiri.
J : loh, jadi kamu juga ga bisa donk pertahankan itu ? kenapa harus menyerah ?
F : bukan tidak bisa pertahankan, dan sama sekali tidak menyerah, bahkan tidak pernah menyerah, karena F merasa memang dia yang terbaik J. tapi apa gunanya bila terus pertahankan dan perjuangkan, kalau orang yang kita pertahankan itu memang tidak punya lagi apa-apa untuk dirasakan dengan F ? akhirnya F Cuma akan menyakiti dia, akhirnya ini semua Cuma jadi memaksakan kehendak F sendiri, sementara dia tidak menghendaki yang sama.
Bila sudah diperjuangkan dengan sepenuh hati, dan itu tidak menjadi kebahagiaan kita, maka terima saja itu menjadi takdir, karena F memang sudah ga nemuin jalan lain selain lepas dan pergi dari yang terbaik itu.
J : seandainya dia ingin kembali, apa kamu bisa terima ?
F : uhm .. rasanya sulit membayangkan dia akan kembali J :] si F ini terlalu sulit untuk bisa dia terima kekurangannya. Tapi kalau ada keajaiban dan dia ingin kembali, dia harus sudah bisa nerima F apa adanya, karena F ga akan berubah … akan tetap seperti ini.
J : kenapa ga berhenti dan mencari yang lain ?
F : I wish I could … :] tapi saat ini ga bisa … tapi mudah2an suatu hari nanti bisa J :]
J : …….
F : percaya aja deh J, kalau kamu liat angkasa di atas sana, ada berjuta-juta bintang yang jadi hiasan malam, dan diantara banyaknya bintang itu, pasti ada satu yang tertuju untuk kamu, dan kalau kamu sudah bisa menemukan bintang itu, dia pasti akan bersinar paling terang di mata kamu, sehingga saking terangnya dia, cahayanya akan menutup mata kamu untuk bisa melihat cahaya bintang yang lain, yang ada hanya bintang itu dihati kamu nantinya. Ga akan ada yang lain deh .. believe me …:]
J : thank you F, mudah-mudahan kamu juga dapetin bintang kamu itu yah :]
F : amien …

No comments:

Post a Comment